Rabu, November 17, 2010

This is an International Education Week

Seminggu sebelum thanksgiving day diperingati di Amerika, U.S. Department of State and U.S. Department of Education mengadakan kegiatan yang disebut International Education Week. Di banyak sekolah, terutama sekolah-sekolah yang mempunyai banyak International student, ajang ini menjadi kesempatan bagi siswa international tersebut untuk memperkenalkan tentang budaya dan negara mereka.

Di Everett sendiri, International Education Week dirayakan dengan berbagai macam kegiatan termasuk World Fashion Show serta Panel Discussion. Namun berbeda dengan fashion show yang biasanya menampilkan baju-baju seksi keluaran designer ternama plus model cantik dengan body aduhai, para peserta dari fashion show kali ini justru menggunakan baju adat perwakilan dari beberapa negara di benua Eropa, Amerika, Afrika dan Asia. Untuk menambah kemeriahan, setiapa peserta akan bejalan di atas karpet merah diiringi lagu dari negeri mereka.

Untungnya, ajang kali ini tidak mensyaratkan wajah ganteng untuk bisa menjadi model sehingga saya pun mendapat kehormatan untuk mewakili Indonesia. Saya tidak sendiri ada lagi dua cewek asal Indonesia yang telah lama tinggal di Amerika, Firda dan Ribka. Jika keduanya menggunakan kebaya maka saya menggunakan baju adat khas Bugis-Makassar berwarna Ungu. Saya memang membawanya dari Makassar. Sengaja saya pilih warna ungu karena setahu saya, ungu adalah trend warna 2010. Tapi seorang teman saya justru bertanya heran. I'm still thingking why Sam chose the purpe...? Cek per cek, Ungu ternyata warna dari LGBT, Lesbian Gay Bisexual and Transgender people. Saya hanya bisa tersenyum saat mengetahuinya.

Untuk urusan lagu yang menjadi background, beberapa pilihan sempat muncul di otak saya. Sebut saja; Rhoma Irama-Penasaran, Peter Pan-Menghapus jejakmu, Kahar HS-Garring apa I nona (lagu dari Makassar), hingga Keong Racun. Sampai kemudian, setelah melalui berbagai pertimbangan, terpilihlah lagu bang Haji sebagai background nya. Penasaran. “Sungguh mati aku jadi penasaran, sampai mati pasti akan kuperjuangkan.” Secara tidak langsung Andrea Hirata berpengaruh dalam proses pemilihan lagu ini, Bukankah Ikal senang Bang Rhoma...????

Dan hari itu, perwakilan beberapa negara dari benua Asia, Amerika, Afrika dan Eropa ikut ambil bagian. Meksiko, Ekuador, Spanyol, Jerman, Nigeria, Liberia, Kongo, India, Pakistan, China, Taiwan, Hong Kong, Korea Selatan, Jepang, Filipina dan tentunya INDONESIA.

Tibalan giliran Indonesia untuk beraksi, dengan langkah bukan model, secara bergantian saya, Firda dan Ribka berjalan di atas karpet merah diringi lagu bang haji Rhoma Irama. Di depan saya murid murid berambut pirang tersenyum dan bertepuk tangan. Beberapa orang mengambil gambar bahkan video. Terus terang, saya grogi.

Terakhir, mewakili 122 International student dari 22 negara di college ini. Bersama dua orang teman dari India dan China, kami tampil di hadapan murid murid lainnya. Dengan bahasa Inggris masih standar, kami curhat tentang bagaimana perbedaan kuliah di Amerika dan di negara kami masing-masing. Yach, hari itu kami curhat di hadapan banyak orang.

Beberapa tahun yang lalu saya masih memaparkan makalah di hadapan puluhan teman saya yang berkulit coklat dan perempuan yang semuanya berkerudung. Dan kini, saya jadi pembicara di antara puluhan mahasiswa International dan juga mahasiswa berkulit putih berambut pirang dengan mata biru dan berbahasa Inggris. “Ah...Nikmat Tuhan mana yang kau dustakan...????”

7 komentar:

Anonim mengatakan...

go Indonesia ,,,

Unknown mengatakan...

ahahahhaa.... Bueno!
See how GREAT we are!!!

Indonesia, keep on moving forward!

We're here for that. :)

ardi chirokv mengatakan...

jadikan makassar kota dunia

Anonim mengatakan...

Go... indonesia go!

danupuspito mengatakan...

halo sam...
nice blog, saya ketagihan membaca semua postingan kamu.

saya tunggu ya sob postingan selanjutnya...

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

wow seru bgt :D
ak br tau klo ungu simbol warna buat LGBT, ak taunya itu warna janda hihihi

Unknown mengatakan...

hei, ada bule pake sarung.. hehe..
tolong follback ya sam.. ;)

Pages