Jumat, April 08, 2011

A Voice of A Soldier in Colorado

Kalau memang sudah rejeki gak bakal kemana kok bang. Dan kali ini, rejeki itu datang datang. Bersama dua orang teman, kami mendapatkan kesempatan menghadiri sebuah konfrensi jurnalis di negara bagian Kansas. Hal yang membuatnya sangat luar biasa soalnya tiket dan penginapan hotel berbintang lima itu diluar tanggungan kami. Dengan kata lain. Gratis lagi, gratis lagi, gratis lagi. Kapan lagi...kapan lagi...kapan lagi.

Berhubung pesawat yang kami tumpangi berangkat di pagi hari. Maka diputuskanlah untuk menghabiskan malam di bandara. Bagi saya, ini adalah untuk kedua kalinya acara menghabiskan malam di bandara. Sebelumnya, saat ke California pun hal yang sama terjadi. Dan alasan sebenarnya adalah; ini adalah bentuk penghematan biar gak bayar hotel di dekat bandara. So, jadilah malam itu bersama Tessa asal Indonesia dan Mohsin asal India, kita mahasiswa yang tak punya duit itu terkantuk-kantuk di bandara.

Well, back to flight. Bagi sebahagian orang connecting flight atau bahasa kerennya transit mungkin tidaklah menyenangkan. Namun tidak demikian bagi saya. Kali ini pesawat kami dari Seattle mendarat di Denver, Colorado. Saya jelas senang bukan kepalang. Nyengar nyengir aneh saya tiba-tiba saja kambuh saat keluar dari pesawat. Alasannya simpel, akhirnya bisa sampai lagi ke satu negara bagian baru di Amerika. Colorado, The Continentall State.

Tak banyak yang bisa dibicarakan soal state ini selain dia kelihatan tandus dari atas pesawat. Saya jadi berfikir, jangan-jangan di sini bisa di temukan Unta. kalau gak unta ARab setidaknya Unta Amerika.

Satu hal yang menarik di Colorado adalah, kenyataan bahwa saya bertemu dengan seorang Amerika berkulit hitam. Dia bukan Jay Z, Usher, Akon, Lil Wayne ataupun 50 cent. He's only ordinary black American. Tangan kananya tak ada lagi, sedang tangan kirinya menyisakan satu jari saja. Umurnya masih sekitar 30 puluhan tahun. Dia adalah mantan tentara Amerika yang dikirim ke Afganistan. Luka yang dialaminya pun didapatkannya dari Afghanistan.

Diceritakannya tentang betapa mengerikannya perang di Afghanistan. Seseorang yang malam ini tidur di sampingmu bisa jadi menjadi tubuh yang kaku dan tak bernyawa lagi di pagi hari. "You just miss your flight to go home," Ujarnya.

Menariknya, dia justru menentang kehadiran Amerika di Irak dan Libya. "It's all about oil," Katanya. Kalaupun saja dia masih aktif di militer, dia pasti bakal menolak untuk ke Irak. Meskipun dia bakal dipenjara atas pilihannnya. Saya baru tahu, orang yang sudah sign untuk ikut militer, maka mereka harus ikut apapun yang diperintahkan. Kalau tidak, kemungkinan di penjara sangat besar. Di Indonesia gimana...???

Selanjutnya, kita ngomong banyak hal. Ngalur ngidul gak jelas. Dari omongan soal United Nation hingga McDonald. Dari soal Kuwait hingga Bahrain. Dari soal Seattle hingga Colorado, dan dari Phoenix Sun hingga Bostin Celtic.

Pembicaraan akhirnya terhenti saat perutku mulai berbahasa Prancis yang artinya ingin makan. Kami pun berpisah, tanpa sempat foto, tanpa tahu nama. Huhft sepertinya aku mulai mengikuti kebiasaan orang disini. We meet, we talk, we leave, we forget each other...

8 komentar:

rezkaocta mengatakan...

ur journey must be great,bener kan?
ngomong2, sayang bener gk tau namany atau ap lah yg bs d hubngi...sapa tau lain waktu bs ketemu lg
:)

Miss Nea Muslimovic mengatakan...

wooww,,how lucky u ar...;D

Anonim mengatakan...

Aku mulai betah bertandang ke blog ini. Jujur....bahasa yang paling kusuka.
Tep menulis!

...kupukupubiru...

Hasan Cakep mengatakan...

nice post, Galib!! :)

Winnie mengatakan...

wah,, asyik bgt nih yg bisa ikut conference, kok ente bisa seberuntung itu sih? bagi dong rahasianya ;)
... enjoy your trip bro ^^

Yugo Prima Ananda mengatakan...

Wah, Colorado. I've been there. Teruskan ke utara, sampailah Anda di Wyoming, wkwkwkwk...

heri knox mengatakan...

emank luar biasa perjalannya.
see you in AMERIKA...:)

myndot mengatakan...

para tentara Amrik kebanyakan yang memiliki hati yang tidak tenang setelah pulang dari Irak etc.
awesome

Pages